Dalam mengikuti bisnis dengan system MLM pasti ada aja pertanyaan mengenai halal dan haramnya system MLM. Tentu saja kita tidak bisa memukul rata semua MLM adalah haram atau halal, karena ada beberapa kriteria penilaian apakah suatu MLM itu halal atau haram. Kriteria tersebut meliputi hal-hal di bawah ini.

1. Apakah ada unsur Riba (Transaksi Keuangan Berbasis Bunga) di dalam system bonusnya?

==> High Desert memberikan persentase keuntungan yang jelas kepada semua Membernya. High Desert membagikan keuntungan yang diperoleh perusahaan bukan dari bunga, melainkan dari keuntungan penjualan produk nyata kepada konsumen.

 

2. Apakah terdapat Gharar (Kontrak yang tidak Lengkap dan Jelas)

==> Kita sebagai Member High Desert, mendapat kontrak yang jelas bahwa keuntungan dari menjalankan bisnis High Desert adalah dengan diskon langsung yang diperoleh dari Direct Selling (selisih harga katalog dengan harga Member). Juga High Desert memiliki sistem plan yang jelas dalam sistem MLMnya.

 

3. Apakah ada unsur Penipuan (Tadlis/Ghisy)

==> High Desert berdiri di USA tahun 1986, dan di Indonesia pada tahun 1993. Dengan waktu sepanjang itu, kalau High Desert pernah melakukan penipuan, pastinya perusahaan ini udah gulung tikar dari dulu. 19 tahun berada di Indonesia merupakan bukti yang cukup bahwa perusahaan ini adalah bonafid dan terpercaya.

 

4. Apakah ada unsur Perjudian (Maysir atau Transaksi Spekulatif Tinggi yang tidak terkait dengan Produktifitas Riil)

==> Kalo masalah perjudian ini, kayaknya jauh banget ya dari High Desert. Apalagi transaksi spekulatif yang gak ada produk riil/nyatanya. Di bisnis High Desert, semuanya jelas, ada produk nyatanya, dan keuntungan didapat oleh Member yang BEKERJA, bukan hanya ongkang ongkang kaki aja. Jadi, gak ada tuh unsur spekulasi dan judi di bisnis ini.

 

5. Apakah ada unsur Kedhaliman dan Eksploitatif (Dzulm)

==> biasanya eksploitasi terjadi pada perusahaan yang menerapkan Money Game/skema piramida. Jadi siapa yang duluan masuk dia yang untung dan yang dibawahnya yang pontang-panting. Kalau di High Desert, justru siapa yang bekerja paling keras dialah yang akan memetik hasil paling banyak. Jadi, gak ada yang namanya eksploitasi atau kezaliman, semuanya adil, transparan dan jelas.

 

6. Apakah Barang/Jasa yang dijual adalah berunsur atau mengandung hal yang haram

==> Produk High Desert Alami dari madu, insyaAllah terjamin kehalalannya dan juga sudah sertifikat halal IFANCA dan juga mempunyai no registrasi Badan POM RI

 

“IFANCA telah mengeluarkan edaran tentang produk MLM halal dan dibenarkan oleh agama. Dalam edarannya IFANCA mengingatkan umat Islam untuk meneliti dahulu kehalalan suatu bisnis MLM sebelum bergabung ataupun menggunakannya yaitu dengan mengkaji aspek:

 

1. Marketing Plan-nya, apakah ada unsur skema piramida atau tidak. Kalau ada unsur piamida yaitu distributor yang lebih duluan masuk selalu diuntungkan dengan mengurangi hak distributor belakangan sehingga merugikan down line dibawahnya, maka hukumnya haram.

==> High Desert tidak menggunakan skema piramida, downline yang paling belakangan bergabung bisa saja lebih sukses daripada uplinenya, semua tergantung kepada usaha masing-masing.

 

2. Apakah perusahaan MLM, memiliki track record positif dan baik ataukah tiba-tiba muncul dan misterius, apalagi yang banyak kontroversinya.

==> High Desert sudah ada di Indonesia sejak tahun 1993 dan terbukti memiliki reputasi yang baik. High Desert juga sudah mempunyai stokist dan depo yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

3. Apakah produknya mengandung zat-zat haram ataukah tidak

==> di High Desert semua produk yang dipasarkan adalah barang-barang yang halal, semua berbasis perlebahan, alami, tanpa bahan pengawet, serta lulus uji laboratorium BPOM-MUI sehingga mendapatkan sertifikat halal.

 

4. Apabila perusahaan lebih menekankan aspek targeting penghimpunan dana dan menganggap bahwa produk tidak penting ataupun hanya sebagai kedok atau kamuflase, apalagi uang pendaftarannya cukup besar nilainya, maka patut dicurigai sebagai arisan berantai (money game) yang menyerupai judi.

==> bergabung di bisnis High Desert relatif sangat sangat sangat terjangkau dibanding dengan perusahaan MLM lain, dan hanya mendaftar sebagai Member tidak akan menjanjikan apa-apa tanpa kerja keras didalamnya.

 

5. Apakah perusahaan MLM menjanjikan kaya mendadak tanpa bekerja ataukah tidak demikian..

==> High Desert tidak pernah menjanjikan akan kaya mendadak tanpa bekerja, sebaliknya, tanpa kerja keras dan usaha di bisnis tidaklah akan berhasil. Hal ini tercantum di dalam Disk Kit yang diterima setiap membernya pada awal pendaftaran.

 

Tambahan:

Selain kriteria penilaian di atas perlu diperhatikan pula hal-hal berikut*:

1. Transparansi penjualan dan pembagian bonus serta komisi penjualan, disamping pembukuan yang menyangkut perpajakan dan perkembangan networking atau jaringan dan level, melalui laporan otomatis secara periodik.

==> High Desert memberikan akses website kepada semua membernya sehingga dapat memantau aktivitas pembelanjaan dalam grupnya dgn perhitungan yang jelas.

 

2. Penegasan niat dan tujuan bisnis MLM sebagai sarana penjualan langsung produk barang ataupun jasa yang bermanfaat, dan bukan permainan uang (money game).

==> High Desert sangat jelas produknya, tidak ada iming-iming apapun di bisnis ini. Produk yang dijual High Desert pun jelas manfaatnya, untuk kesehatan kita dan orang-orang di sekitar kita. Dengan konsumsi madu setiap hari sudah terbukti secara ilmiah bahwa dapat membantu kesehatan tubuh kita terjaga dari kerusakan akibat radikal bebas dan pola makan.

 

3. Meyakinkan kehalalan produk yang menjadi objek transaksi riil (underlying transaction) dan tidak mendorong kepada kehidupan boros, hedonis, dan membahayakan eksistensi produk domestik terutama MLM produk asing.

==> High Desert seperti disebutkan diatas, memakai bahan-bahan alami yang terjamin kehalalannya Insya Allah. Pemakaian produk High Desert hanyalah untuk konsumsi sehari-hari yang tidak akan menimbulkan keborosan atau hedonis.

 

4. Harga barang dan bonus (komisi) penjualan diketahui secara jelas sejak awal dan dipastikan kebenarannya saat transaksi.

==> High Desert menerbitkan Member Price List dan jika seorang Member melakukan belanja/order, akan diberikan Invoice yang memuat detil-detil transaksinya secara transparan dan jelas.

 

5. Tidak adanya eksploitasi pada jenjang manapun antar distributor ataupun antara produsen dan distributor, terutama dalam pembagian bonus yang merupakan cerminan hasil usaha masing-masing anggota.”

==> Sudah disebutkan diatas kalau di bisnis High Desert tidak ada eksploitasi, tiap-tiap Member memiliki peluang yang SAMA untuk berkembang dan menjadi sukses. Semua tergantung dari usaha dan kerja keras dari Member yang bersangkutan.